moon

The Moon

3 Nov 2014

Akhirnyaa.. Bromo..!!




Bromo? Iyyaah Bromo. Akhirnya sayah berhasil mendarat di Bromo dengan gemilangnyaah!! Horeee *sorak sorai  *okeh itu no to the rak tapi yah mo bagaimana lagih?. That was like a dream come true :-D

Asli masih berasa mimpi. Kalau kedua kaki inih enggak berasa abis ketimpah tiang jemuran, pasti memang cuma mimpi. Alhamdulillaah wa la ilaha ilallah wallahu akbar!! Sungguh Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Akhirnya sayah di kasih jodoh ketemu sama Bromo. Kapan yah di kasih jodoh ketemu sama kamuh? *eh

Iyah, setelah berkali-kali di PHP-in, penantian yang enggak ada habisnya akhirnya saya bisa ke Bromo. Udah searching lama sebenernya di google, nyari-nyari travel tapi takutnya di kecewain sampai akhirnya dapet info travel dari temen yang baru dari Bromo juga. Huaaa..!! Langsung deh hubungin travelnya, Mas Rino, tanya tanya dan dapet tanggal 12-14 September. Waktu itu saya dapet info travel dari temen tanggal 8 September. Mepet banget. Mau nekat go show tapi nanti malah ga dapet tiket kereta, gagal lagi. Ada lagi jadwal trip Bromo yang start Jakarta tanggal 31-2 November. Yanig bikin dilema lagi adalah Ari 'nomnom' si Maknae yang pengen ikutan. Akhir Oktober itu adalah musim ujian dia. Bisa jadi jadwal ujiannya di akhir Oktober atau di awal November. Bingung. Nekat tapi penuh resiko atau menunggu juga beresiko. Dilema dilema dilema. Akhirnya Bismillah, saya relakan tanggal 12-14 September ituh menunggu yang tanggal selanjutnya atau yang selanjutnya lagi dengan ikhlas yang seikhlas-ikhlasnya seandainya itu enggak jadi lagih. Jodoh ga kemanah kan? Akhirnya akhir September saya dapet kepastian dari Ari kalau jadwal ujiannya ituh pasti di awal November. Langsung saya daftar ke Mas Rino yang nyuruh saya buru-buru untuk ngasih data peserta yang mau ikut seperti nama lengkap, no identitas sama nomor telepon juga transfer uangnya karena tiket keretanya hampir full booked!! Untung yang ikut sayah cuma dua orang, si Ari sama Rosid, teman sayah dan Alhamdulillah, Mas Rino berhasil mesenin tiket kereta buat kitah bertiga. Alhamdulillah.

Di hari keberangkatan 31 Oktober 2014, kondisi saya sama seperti waktu mau naik ke Gede-Pangrango. Males makan, mual dan ga fokus. Tapi begitu udah ngegendong ransel dan pamit sama Mama, kondisi itu berubah menjadi excited, ga sabar pengen ketemu sama si Brom :-D. Dari Kayu Gede jam setengah 12 siang, kita naik taksi ke Stasiun Senen. Janjian sama Mas Rino jam 2. Nyampe sana sekitar jam 2 kurang. Setelah ketemu Mas Rino, dapet tiket PP kita langsung masuk. Kereta baru berangkat jam 15:15. Jadi harus menunggu lagi sejam gituh dan penantian itu terasa seperti setahun, sampe akhirnya serombongan pendaki yang pastinya mau ke Semeru dateng dengan carielnya yang segede truk molen rempong nyari tempat duduk. Jam 3 seperapat teng, kereta berangkat. The adventure travelling started.

Kereta Matarmaja Ekonomi jurusan Jakarta-Malang sore itu jadi saksi mati gayanya saya dan Ari. Rosid duduk agak jauh dari kita berdua. Bingung mesti ngapain. Sama sekali enggak kepikiran ngebawa buku atau laptop untuk ngisi waktu selama 18 jam perjalanan itu. Mana setelah Maghrib yang duduk di depan kita itu pasangan orang pacaran. Mesra bingit, kayak gerbong kereta milik berdua. Asem. Kayaknya sih mereka juga ikut rombongan pendaki yang mau ke Semeru ituh. Sebelum pasangan itu duduk di depan kita, sempet ada yang duduk di sebelah saya, pendaki juga, cakep, namanya Satrio. Ada yang kenal? *LOL

Setelah 18 jam perjalanan akhirnya sampe juga di Malang jam 7 pagi kurang sepuluh menit. Mbak Riska, guide travel yang nunggu di Malang dah SMS kalau mereka dah nunggu di pintu keluar stasiun. Total rombongan ada 21. Setelah kenalan dengan para guide (Mbak Riska, Mas Heri/Mas Suneo dan Mas Agus) kita di ajak jalan kaki menuju alun-alun Kota Malang untuk briefing dan foto-foto (yang terakhir ini kayaknya dah wajib banget). Di sana Mas Heri ngejelasin tentang kegiatan kita selama di Malang dan di mana kita bakalan stay. Ada nama desa, namanya GubuKaklah. Di sana ada rumah penduduk yang memang di siapkan untuk para traveling. Juga ada beberapa tempat wisata yang bakalan kita kunjungin di hari pertama ini yaitu Air Terjun Coban Pelangi dan Argo Wisata Apel. Selesai briefing dan foto-foto kita langsung naik kendaraan sejenis angkot menuju Candi Jago. Jalan-jalan dulu sebelum ke Homestay. Mungkin sekedar untuk membunuh waktu supaya peserta travelling ga boring di Homestay atau juga memberi kesempatan yang punya Homestay untuk masakin makan siang buat kitah. Hmmm, baru denger sih yang namanya Candi Jago. Di Malang pula. Sebentar saya cari info dulu sama eyang Google...... (5 detik kemudian)..... ini dia http://sejarahbudayanusantara.weebly.com/candi-jago.html. Lebih lengkap. Ada peserta yang nanya tentang sejarah Candi Jago sama Mbak Riska, tapi Mbak Riskanya ga tau (hehehe) mesti tanya sama yang jaga Candi kayaknya ya.. (hehehe). Kelar foto-foto, mampir ke ATM sama Indomart sebentar, langsung menuju homestay makan waktu sekitar... ah saya lupa. Bener-bener udah seperti setahun yang lalu deh (hahaha.. parah). Yah pokoknya sebelum mendekati jam makan siang dah. Peserta di kasih kesempatan untuk kenalan sama yang punya homestay masing-masing, mandi, makan, sholat dan istirahat. Jadi pengaturan Homestay ituh satu rumah untuk 4 orang, jadi 1 kamar untuk 2 orang. Tadinya saya pisah rumah sama Ari. Untungnya Rosid mau tukeran.

Selesai beberes badan dan barang, kita siap-siap menuju air terjun Coban Pelangi yang letaknya itu ga jauh dari Homestay. Sesuai pelajaran dan pengalaman, yang namanya air terjun dan kawah, pasti identik dengan jalan mendaki atau menurun. Jadi saya udah prepare untuk "menderitakan" kedua kaki saya. Bener aja cin.  Kawah putih, minggir. Asli, asik tapi capek :-D. Air terjunnya guede bingit. Katanya sih kalo mau mendekat ke air terjunnya bakal kelihatan pelangi, ga cuma satu tapi banyak. Saya ga berani secara masih ada kegiatan selanjutnya. Kalau di air tejun itu udah destinasi terakhir hari itu, ga bakalan ragu deh. Mo basah kuyup juga ayo aja. Banyak yang punya pikiran seperti itu sama kayak saya. Cuma ada 2 orang yang ga peduli yaitu Rosid dan peserta heboh tapi asik yang satu homestay sama kita, Mbak Iko. Basah. Kuyup. Di Coban Pelangi kita kenal tambahan guide lagi namanya Mas Tarno sama satu lagi belakangan baru ketahuan namanya Mas Qoil, photographer DWG. Yang belakangan inih gokil abis.

Kelar di Coban Pelangi kita berangkat ke argo wisata apel. Hmmm, tadinya saya pikir Argo Wisata Apel itu tempatnya yang dulu saya kunjungin waktu tur Bali-Jogja tapi ternyata bukan. Yang kita kunjungin hari itu halaman pekarangan yang dijadikan kebun apel (sangat berinovasi sebenarnya). Di situ kita bebas makan apel, kecuali kalau mau di bawa pulang, beli sekilonya 20ribu.

Kelar di Kebun Apel, kita balik ke homestay untuk istirahat lagi, persiapan dini hari untuk naik ke Bromo.

Jam 7 malam kita dapet briefing lagi dari Mbak Riska, Mas Tarno dan Mas Agus. Di sarankan untuk benar-benar prepare dari mulai perlengkapan seperti jaket tebal, kupluk, sarung tangan, kaos kaki, sepatu/sandal gunung dan syal karena suhunya bisa mencapai 6-7 derajat. Disarankan juga untuk ga mikir negatif atau bicara sembarangan. Well, sepanjang hidup ini memang disarankan untuk enggak begitu kan? Kitanya aja manusia yang ga punya kerjaan *haish. Kelar briefing kita istirahat lagi. Di rumah homestay kita disaranin sama yang punya rumah untuk bekal Popmie. Karena takutnya kelaperan di atas sangking dinginnya, dan harga Popmie di atas itu bisa mencapai 15ribu rupiah. Kalau cuma minta air panasnya saja bisa 2ribu atau 3ribu rupiah. Berbondong-bondonglah saya, Ari, Rosid dan Mbak Iko ke warung beli popmie sama kopi.

Jam 1 pagi peserta di bangunin untuk siap-siap. Saya menguatkan diri untuk pertemuan kencan pagi kali ini. Jam 2 tancap gas dengan dua Jip yang sudah menunggu di depan homestay. Perjalanan dini hari yang luar biasa yang ga akan saya lupakan. Bintang-bintang dilangit bertaburan kayak komedo di hidung saya. Indah banget (bintangnya yang indah bukan komedonya). Waktu melintasi padang juga...WOW.. sayangnya banyak debu jadi akhirnya saya nutup mata sampe jalanan mulai beraspal lagi. Setelah jip parkir, kita mulai mendaki dan saya teringat dulu jam 4 pagi mulai mendaki Gede-Pangrango. Nafas saya mulai memburu lagi. Perut bergejolak. Mual. Tapi berkat pelajaran gratis meditasi dari Mas Adji Silarus, saya bisa nenangin badan saya. Ga lucu juga kalo badan ambruk di situh. Apalagi saya mesti jagain Ari yang ternyata udah mabok duluan karena perjalanan pergi naik Jip tadi. Aigoh *tepok jidat.

Pendakian dimulai. Bapak-bapak penyewa kuda ramai-ramai menghampiri kayak tukang ojek di pasar bengkok. Kalau mau nyewa kuda bayar 150ribu. Saya liat-liat peserta rombongan belum ada yang mau nyewa kuda, mungkin jual mahal dulu karena semakin mendaki katanya sewanya semakin murah. Makanya saya terus mendaki pelan-pelan ngawal Ari dari belakang sambil sebentar-sebentar berhenti. Jam setengah lima kita sampai di Pananjakan. Meeting Point Bromo Sunrise. Ini kencan yang saya idam-idamkan. Argh, berasa mimpi. Saya langsung ambil posisi untuk menanti Matahari terbit. Agak lama ya. Yang pertama-tama muncul itu cuma cahaya kekuning-kuningan saja di sepanjang cakrawala. Saya masih berharap. Tapi saat langit semakin terang, enggak ada tanda-tanda dia bakal muncul. Saya pikir saya bakalan ngeliat proses munculnya dia pelan-pelan dari balik gunung sampai mencapai posisi bulat sempurna. Tapi dia enggak juga muncul. Akhirnya saya gave up dan memutuskan untuk menikmati kondisi yang ada. Sampai akhirnya saat saya berpaling mau beli air panas untuk kopi, ada yang berteriak "itu tu dia nongol!!" Bener aja. Dia muncul. Persis seperti yang saya bayangkan. Luar biasa. Luar biasa. Fenomena luar biasa. Allahu Akbar. Langit semakin terang dengan munculnya dia. Mulai jelas pemandangan di bawah. Luaaar biasa. Kali ini saya enggak lupa bawa kamera. Jepret sana jepret sini sampe lupa pengen nyeduh popmie, akhirnya saya sama Ari cuma nyeduh segelas kopi karena udah keburu di suruh turun sama para guidenya.

Kelar di Bromo, kita di bawa ke kawah Bromo naik Jip. Sayangnya cuaca lagi ga bagus. Badai pasir. Jadi kita skip kawahnya menuju pasir berbisik dan lagi-lagi kita harus skip juga karena si Badai masih setia ngikutin. Perjalanan hari itu berakhir di Padang Savana Bukit Teletubies. Saya penasaran sebelum muncul serial teletubies ituh bukit namanya apa ya? Hehehe.

Selesai sudah perjalanan hari itu. Jam 10 pagi sudah sampai homestay lagi, lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Setelah mandi dan makan saya dan Ari tidur di kamar. Bangun-bangun Dzuhur dan saya masih ga percaya kalau tadi pagi saya sudah ketemu sama Bromo. Jodoh ga akan ke mana ya kan Brom? Saya masih percaya ituh.